Hikmah Dibalik Telat Lulus Kuliah, Anda Harus Optimis dan Semangat

Wisuda
Seperti yang kita ketahui, bahwasanya hidup ini ada awal ada akhir, ada pertemuan ada perpisahan, ada lolos dan ada lulus. Termasuk juga dalam dunia pendidikan, kita bukan hanya dituntut terus belajar, tetapi juga harus menyelesaikan misi belajar tersebut.

Lolos adalah dimana kita mengawali jalannya studi kuliah, diterima dengan baik di universitas tercinta. Lulus adalah akhir dari jalannya studi kuliah dari universitas tercinta dengan menyandang kehormatan gelar sarjana. 

Bisa saja sekarang S1 Telat Lulus, nanti S2 lulusan Tercepat dan Dunia Kerja Paling Sukses. Hidup memang suka begitu, jadi tetaplah optimis dan semangat kawan-kawan.

Kuliah S1 atau sarjana, memiliki waktu tempuh pendidikan berkisar 4 tahunan. Lebih dari 4 tahun, termasuk telat lulus kuliah.

Perlu digarisbawahi, semua orang tidak sama, memiliki cara yang berbeda-beda, termasuk soal lulus kuliah.

Ada yang diawal kuliah semangat, eh pas diakhir melempem jadi males. Ada yang awalnya males, eh akhirnya gercep banget. Tentunya beda-beda, dan perlu diingat punya cara masing-masing untuk bangkit dari keterpurukan.

Nah jika anda sekarang diposisi telat lulus kuliah (nambah semester), jangan takut, saya juga pernah mengalami hal yang sama. 

Intinya kita bangkit dari keterpurukan, semangat lagi, lanjutkan untuk menyandang gelar sarjana.

Ada beberapa hikmah yang dapat diambil ketika anda telat lulus kuliah, diantaranya :

Mental Menjadi Lebih Kuat dan Terlatih

Mental anda menjadi lebih kuat dan terlatih, sebab anda belajar dari kehidupan, ketika terpuruk maka bangkitlah untuk meraih kesuksesan.

Selain itu, ketidakpastian yang sering terkait dengan telat lulus dapat membantu Anda mengembangkan ketahanan mental dan kemampuan menghadapi ketidakpastian yang mungkin berguna dalam karier dan kehidupan sehari-hari.

Punya Waktu untuk Memperbaiki Diri

Anda menjadi lebih punya waktu untuk mengoreksi diri sendiri dan diperbaiki sebaik mungkin.

Justru dengan waktu yang cukup untuk memperbaiki, maka ketika lulus nanti anda sudah siap dengan dunia kerja. Selangkah lebih maju soal pengalaman dari yang lulus cepat waktu.

Selain itu coba tanamkan dalam diri anda gini bahasanya "oke gak papa sekarang saya telat lulus kuliah, besok setelah wisuda, saya harus lebih sukses dari yang lain, mengobati ketertinggalan jaman S1 dulu".

Punya Waktu untuk Menata Karier Jadi Lebih Realistis dan Terarah Lagi

Telat lulus kuliah pasti di iringi dengan berbagai respon dari diri kita, baik itu rasa minder, overthinking dan sebagainya.

Tapi jika ditanggapi dengan baik, maka ini bisa menjadi hal yang sangat bermanfaat bagi diri anda sendiri.

Sebab, anda akan berkaca dengan perjuangan sekarang. Mungkin yang tadinya idealis, dengan ditata dari pengalaman akan jadi lebih realistis lagi.

Justru rencana yang realistis dan terarah itu, lebih cepat meraih kesuksesan, daripada rencana yang terlalu idealis.

Anda akan mempunyai waktu untuk mengenali diri anda sendiri, karier apa yang tepat untuk sekarang dan masa depan.

Kematangan Kepribadian 

Proses telat lulus kuliah sering kali memungkinkan seseorang untuk lebih matang secara pribadi. Anda mungkin lebih siap secara emosional dan mental untuk menghadapi dunia kerja setelah melewati pengalaman tersebut.

Pengalaman Hidup

Telat lulus kuliah dapat memberikan Anda pengalaman hidup yang berbeda. Anda mungkin menghadapi tantangan dan rintangan yang mengajarkan Anda lebih banyak tentang ketekunan, penyelesaian masalah, dan ketabahan.

Selain itu, ini bisa jadi hal yang baik, ketika anda menjadi seorang dosen, terus anda menemui mahasiswa yang telat lulus kuliah seperti anda dulu, maka anda sudah tahu cara membimbingnya dengan baik.

Koneksi dan Jaringan yang Lebih Banyak

Lebih banyak waktu di perguruan tinggi juga berarti Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk membangun jaringan dengan sesama mahasiswa, dosen, dan profesional. Koneksi ini dapat berguna dalam pencarian pekerjaan dan perkembangan karier Anda.

Jadi Lebih Menghargai Waktu

And sudah merasakan bagaimana rasanya telat lulus kuliah. Dengan begitu anda jadi lebih menghargai waktu, dan akan diatur sebaik mungkin.

Karena orang yang hebat adalah orang yang menghargai waktu, sebab waktu tidak bisa kembali lagi ke masa lalu, sebab waktu tidak bisa dibeli.

Biasanya Jadi Siap Masuk Dunia Kerja

Mahasiswa yang telat lulus, biasanya siap masuk dunia kerja dengan penuh semangat.

Hal itu bisa terjadi karena mungkin sudah bosen terus menerus di kampus tercinta, maka perlu segera lulus kuliah. Nah, biasanya setelah lulus kuliah menjadi orang yang paling semangat bekerja.

Nah itulah hikmah dibalik telat lulus kuliah. Karena sejatinya, setiap hal itu ada hikmahnya yang dapat kita ambil untuk lebih baik lagi di masa sekarang dan masa depan.

Telat lulus kuliah bukan berarti anda telat segalanya. Sukses tidak memandang anda lulus cepat atau lulus telat, tetapi tergantung ikhtiar anda dalam meraihnya. Sebab semua mahasiswa juga sama setelah lulus pun mulai dari 0 lagi untuk meniti karir di dunia kerja. Jadi anda tidak tertinggal sama sekali, karena hidup bukan yang paling duluan atau belakangan. Tetapi siapa yang paling bisa memanfaatkan peluang dan waktu yang ada.

6 komentar

  1. Terimakasih motivasinya
  2. Betul sekali, setuju semangat
  3. Bagus, terimakasih informasinya
  4. Sama2 pak, jangan lupa baca juga artikel yang lainnya pak, terimakasih banyak🙏🏻
  5. Saya juga pernah merasakan posisi seperti itu. Jujur, sedih banget pas ngerjain skripsi. Banyak ditinggal teman2. Sempat terpuruk. Tapi, Alhamdulillah datang suatu semangat baru, kuliah harus dituntaskan, harus dapet gelar. Alhamdulillah lulus, walaupun kuliah tidak tepat waktu, karena saya S1 nya 5z5 tahun. Alhamdulillah sekarang sudah sukses, dan pengalaman pas skripsian sampai 2,5 tahun itu bisa jadi ilmu yang luar biasa.
    1. Alhamdulillah tabarakallah pak, memang pengalaman hidup itu guru terbaik untuk kita ya pak.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.